Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum! 10/05/2022, Blog ini saya insya Allah diaktifkan kembali untuk berdakwah menyebarkan kebaikan dan hal-hal yang positif lainnya. Semoga bisa Istiqomah dalam mengupdate nya dan menjadi amal jariah.

Sabtu, 04 Desember 2010

Tax Ratio RI mencapai 15.7 %


Sebelum melangkah lebih jauh, tentu saja kita harus tau dulu apa itu Tax Ratio?? Tax Ratio adalah rasio penerimaan pajak terhadap Produksi Domestik Bruto(PDB). PDB itu apaan ya?? PDB yaitu jumlah produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di suatu negara dalam jangka waktu satu tahun. Klo sudah mengerti anda bisa lanjut tetapi klo belum mengerti terserah anda mau baca sekali lagi atau mau lanjut, yang penting kita kudu ngerti dulu arti suatu kata baru bisa kita paham kemana arah informasi yang diberikan, betul betul betul? :D.


Pernyataan tentang Tax Ratio (pada judul)ini bukan ane yang mengatakannya, tetapi pernyataan ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pajak, Mochamad Tjiptardjo dalam Sosialiasi Perpajakan di Ciawi Bogor sabtu malam. Hal ini dia sampaikan untuk menjawab penilaian dari berbagai kalangan bahwa Tax Rasio Indonesia tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga. Dirjen Pajak mengatakan bahwa Tax Ratio Indonesia mengalami naik turun dari tahun ke tahun, Tax ratio pada 2009 mencapai 11,9 persen, tahun 2010 sebesar 12,1 persen, dan tahun-tahun sebelumnya mencapai 13 persen. Hal ini disebabkan karena Indonesia hanya memasukkan hasil dari pajak pusat saja, sedangkan negara tetangga selain memasukkan hasil dari pajak pusat juga memasukkan unsur pajak daerah dan sumber daya alam. Jika Indonesia juga memasukkan hasil dari pajak pusat, pajak daerah, dan sumber daya alam maka Tax Rasio Indonesia mencapai 15.7 persen. Jadi perbedaannya tidak terlalu jauh dengan negara tetangga.

Di kesempatan Ini Dirjen Pajak juga menyebutkan tentang Insentif Perpajakan untuk mendorong dunia usaha. Hal ini berupa Tax Allowance, penghapusan dipercepat dan juga Tax Holiday. 

Menanggapi penilaian bahwa Investasi asing langsung Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga karena masalah perpajakan, beliau menjawab bahwa masalah perpajakan bukanlah masalah yang paling utama, masalah perpajakan berada pada urutan 11 atau 17. Sedangkan masalah utama adalah penyediaan infrastruktur, pertanahan dan lainnya.

Bagaimana tanggapan sobat sekalian???
Wassalam dan Tetap Mencoret!
Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar