Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum! 10/05/2022, Blog ini saya insya Allah diaktifkan kembali untuk berdakwah menyebarkan kebaikan dan hal-hal yang positif lainnya. Semoga bisa Istiqomah dalam mengupdate nya dan menjadi amal jariah.

Jumat, 20 Mei 2011

Force Majeur


Tak terasa 17 hari sudah berlalu, dan kali ini kembali  ane menjumpai saudara-saudara sekalian dalam pembahasan "Force Majeur". Makhluk apakah itu??? Dimana kita bisa menemukannya???? Untuk mengetahuinya mari kita melangkah lebih lanjut >>>

Force Majeur adalah suatu keadaan yang berada di luar kekuasaan manusia seperti bencana alam, perang, pembatasan oleh undang-undang, dan lain-lain. Apabila Di Rumah Sakit terdapat Unit Gawat Darurat, Di dalam kitab suci sering disebut sebagai keadaan darurat, Didalam bahasa sehari-hari sering disebut "terpaksa" tau "tidak ada pilihan lain", maka di dalam istilah perpajakan terdapat lah Force Majeur.

Force Majeur ini dapat dimanfaatkan untuk suatu kondisi tertentu untuk meringankan Wajib Pajak seperti mendapatkan perpanjangan jatuh tempo, pembebasan denda dan atau sanksi, meringankan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi dalam memproses administrasi perpajakan dan juga berbagai keringanan lainnya.

Keadaan ini sering disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu dengan berlaku curang mengatakan yang bukan sebenarnya atau menipu untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti yang telah dijelaskan diatas. Jadi untuk meminimalisir hal ini maka Keadaan ini harus diperkuat dengan surat keterangan dari aparat yang berwenang. Contoh : Pak Budi meminta salinan sppt dan atau stts namun hanya membuat permohonan tanpa melampirkan persyaratan salinan PBB dikarenakan syarat-syarat tersebut telah habis terbakar karena kebakaran, maka hal ini harus diperkuat dengan surat keterangan lurah yang menyatakan hal itu.

Akhir kata mari kita berlaku jujur karena pesan dari guru ekonomi SMP ane bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. Force Majeur adalah sebuah keringanan yang diberikan bukan sebuah alat untuk mencuri-curi kesempatan :D.

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar